Skip to main content

Hidup di Bulan Juni

Aku masih ingat opini jujur ayahku pada awal April yang bilang bahwa Indonesia tak akan sanggup melakukan lockdown. Beliau berujar alasannya karena Indonesia tidak punya cukup resource untuk melaksanakannya. Ramalan itu benar saja terjadi. Lockdown disarukan menjadi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ayahku kemudian berpendapat bahwa PSBB menyangkut kedisiplinan, dan bukan rahasia umum bahwa Indonesia sangat payah dalam mendisiplinkan diri. Bukankah selama ini kita hidup dalam ketidakdisiplinan yang kita yakini sebagai ‘kedinamisan hidup’. Hal ini benar terjadi lagi. Terpantau warga Indonesia mulai tidak disiplin di pertengahan Mei ini.

Ayahku sejak awal bukan fans PSBB, karena pekerjaannya memaksa untuk memiliki mobilitas yang tinggi. Jadi dia tidak terlalu peduli pada keberhasilan PSBB. Yang dia pedulikan hanya protokol. Menurutnya semua orang harus mematuhi protokol yang berlaku, seperti cuci tangan, menggunakan masker, hidup sehat, banyak duit #eh. Iya yang seperti itulah~

Kemudian minggu lalu ayahku membuka diskusi mengenai betapa bantuan covid-19 menunjukkan ketidakpercayaan dalam strata hirarki kemasyarakatan. Bantuan itu kadang tidak sampai pada si penerima ideal. Semua fungsi dalam struktur kemasyarakatan dilanda kritis kepekaan. Orang bukan saja mengalami kesulitan dalam memahami permasalahan, tapi merumuskan prinsip hidupnya saja tak mampu. Baik rakyat maupun aparat pembangunan memiliki masalah komitmen. Sekarang ini semua pihak selayaknya tidak boleh hanya memikirkan kemajuannya sendiri. Bayangkan kalau pejabat hanya memikirkan kemajuannya sendiri, maka matilah rakyat. 

Tapi bukan itu yang melintas di benakku malam ini, the new normal yang kabarnya akan mulai dilaksanakan Juni nanti~ Aku khawatir bahwa kurva kita akan terus naik setelah terjadi relaksasi PSBB sana-sini. Aku sendiri termasuk yang sekuat tenaga mendukung kebijakan pemerintah. Aku manut karena aku tahu pemerintah bagaimanapun membutuhkan rakyatnya, dan tentunya atas dasar kebutuhan itu, aku tahu mereka akan mengupayakan yang terbaik. Hanya saja, akhir-akhir kita sudah terlalu lelah dan menjadi lebih sensitif terhadap semua gerak-gerik pemerintah. Bahkan ketika pemerintah mengkampanyekan anti mudik dalam nyanyian, secepat kilat warga memberondongi pemerintah dengan komentar yang menyangsikan pekerjaan utamanya.

Entah bagaimana hubungan antar pemerintah dan rakyatnya seperti sedang di ujung tanduk yang bisa putus dan saling membenci kapan saja. Iya mungkin kalau pemerintahan itu pacarmu, ini sudah di masa saturasi, dimana kita berdua jenuh dan belum lagi ditambah permasalahan yang mendera kian menunjukkan sikap buruk kita berdua.

Tiada hari berlalu tanpa memusingkan pemerintah nih ya si aang. Hidup bagaimanapun harus terus berlanjut, hai kamu! Kurasa kita sebaiknya sering ngobrol agar kekhawatiran itu lebih terorganisir dan bisa diredam negativitasnya.

Mengatur warga untuk bisa sampai di penghujung tahun terasa sangatlah rumit. Pemerintah akhirnya lebih memilih menyelamatkan pemilik modal dan lebih menunjukkan kasih sayangnya pada ekonomi. 

Vaksin yang katanya masih dalam tahap pengembangan bisa saja baru selesai tahun depan. Sudah jelas pemerintah berpikir, kalau kita diam saja menunggu vaksin, di saat menunggu itu kita bisa saja mati. Alangkah labih bijak kalau kita melakukan sesuatu sambil menunggu, mungkin kematian kita terasa lebih indah (?)

Bukankah ini ide herd immunity? Menyerahkan diri pada tangan nasib.

Aku membaca artikel dari John Hopkins University terkait herd immunity. Selama ini terdapat miskonsepsi terkait herd immunity. Pada akhirnya memang kita mau ngga mau akan herd immunity, artinya semua orang terpapar virus sehingga imunitas kolektif bisa tercapai. Permasahannya adalah berapa banyak orang yang akan meninggal kalau kita terapkan di saat vaksin belum ada? Belum lagi persoalan kesiapan RS menangani pasien.

Hidup di bulan Juni. Akankah kita bertahan? Ah sudahlah, kali ini aku hanya ingin memuntahkan isi kepalaku begitu saja. Aku berharap bisa melihatmu sesegera mungkin. Aku akan menyetujui apa yang Ayahku ramalkan. Tahukah kamu, dia ramal Agustus ini semuanya akan membaik.

Tentu saja, ramalan Ayahku itu ada teorinya. Katanya bulan Juni akan ada the second wave. Sotoy sekali kan, first wave aja belum selesai. Tapi katanya yang second wave ini akibat yang mudik dan reopening tempat umum. Setelah itu, ada faktor X yang membuat Indonesia bisa selamat. Iya, faktor X itu apalagi kalau bukan do'a tulus kamu semua yang diijabah. 😚

Always choose kindness yaa~

Miss you~ 

Semoga cepet beres ya korona, biar segera kita reuni mini. 💖

Comments

Popular posts from this blog

Cara Perempuan Jepang Membuang Bekas Pembalut

Selama hidup di Jepang, hal yang paling berkesan untukku adalah tiada hari berlalu tanpa pembelajaran. Bahkan ketika aku di rumah aja ngga ngapa-ngapain, aku tetap dapet pembelajaran baru. Jadi suatu pagi… aku lagi di apartemen aja kan biasa pengangguran laten [ gaya abiesz, bilang aja kosan Pak Ruslan versi fancy wkwk ], dan temen sekosanku yang orang jepang, dia nyimpen bungkus pembalut di kamar mandi. Hmm oiya kita tuh kamar mandinya shared, cuma beda kamar bobo aja. Jadi dia narohnya di salah satu papan yang ada di atas WC duduk gitu, biasanya di papan tersebut kita simpen tissue cadangan atau pengharum ruangan di situ. Oke dia lagi menstruasi. Tapi ini untuk pertama kalinya aku nemuin sampah yang digeletakin gitu aja. Nah, buat kalian yang ngga tau pembungkus pembalut yang mana, ini aku sertakan gambar… karena kebetulan aku lagi rajin dan lagi mens juga. Jadi ini pembalut… Dan ini bungkusnyaaa… yang mana tergeletak di WC tadi. Aku langsung bingung, ih tumben banget kok ngga

Kentut

Saya pernah nonton variety show-nya Negri Gingseng, Hello Counselor . Acaranya membahas problematika, kesulitan, dan penderitaan seseorang. Kind of curhat, but the problem usually soooo silly and weird, you can’t even imagine. Disitu ada host sama penonton. Host berfungsi juga sebagai panelis tanya jawab tentang permasalahan tersebut. Tanya jawabnya dua arah, dari sisi yang punya masalah dan yang jadi biang masalah. Hingga pada satu titik mereka coba memberi solusi. Terus penonton ngejudge itu masalah bukan untuk kemudian voting. Nah yang paling banyak dapet vote , nanti dapet hadiah. Ada satu episode yang menarik yang melibatkan hal paling manusiawi : kentut.

Ada Apa dengan Mas-Mas Jawa?

Kalau kamu adalah seorang perempuan, apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata ‘Mas-Mas Jawa’? Apakah seksi, idaman, gagah, karismatik terlintas meski hanya sekilas? Tak dipungkiri lagi mas-mas jawa adalah komoditas utama dalam pencarian jodoh. Cewe-cewe entah kenapa ada aja yang bilang, “pengen deh dapet orang jawa.” Alasannya macem-macem mulai dari yang sekedar impian masa kecil, pengen aja, sampe dapet wangsit dari mbah Jambrong. Saya ngga ngelak, pria jawa memang identi dengan kualitas terbaik. Mungkin Abang, Aa, Uda, Bli, Daeng, atau Bung juga suka merasa daya saing di pasar rendah, apakah dikarenakan passing grade Si Mas-Mas tinggi? Atau karena ada quality control sebelum masuk pasar? Hmm. Mari disimak beberapa hal yang membuat mas jawa menjadi undeniable (ngga bisa ditolak) 1. Killer smile Mungkin tatapannya orang Jerman atau seringainya kumpeni itu bisa membunuh. Tapi untuk seorang mas-mas jawa, yang membunuh itu senyum. Bikin klepek-klepek. Takar

Disrupsi Rantai Pasok dan Kaitannya dengan Pandemi Covid-19

Cukup disayangkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di kuartal I/2020 hanya mencapai 2,97 persen (year on year). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 2,41 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV/2019. Pertumbuhan ekonomi ini merupakan salah satu yang terendah sejak kuartal IV/2001. Hal ini jelas dipengaruhi oleh pandemi yang menyebabkan penurunan drastis konsumsi rumah tangga. Memang selama ini, kinerja konsumsi rumah tangga berkontribusi pada 50 persen PDB sehingga efeknya cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Padahal sebelumnya Indonesia, sudah cukup percaya diri bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di angka 5,0 persen . Huhu tapi tenang saja, bukan perekonomian Indonesia saja yang sedang gonjang-ganjing. Pertumbuhan ekonomi UK turun 2,0 persen . PDB China sendiri turun tajam hingga menyentuh 6,8 persen . Menyusul, Amerika Serikat pun mengalami penurunan PDB sebesar 4,8 persen . IMF sendiri sudah mengestimasi bahwa secara glob