Skip to main content

Tentang pernikahan

Kemarin gw menggerutu “anjir ini feed Instagram gw isinya bayi semua”, ya walaupun ada beberapa yang kontennya tidak mengandung bayi, tapi tetep aja gw generalisasi karena selalu ada dan persentasenya terus meningkat.

Dengan usia gw yang memasuki seperempat abad, memang wajar kalau teman sejawat gw mulai beranak dan menjadi orang tua sungguhan.
Kemudian gw teringat salah satu pembicaraan gw bersama seorang ahli so tau, dia bilang “menikah itu buat orang yang ga tau mau ngapain lagi hidupnya ang.” Oke mari diperjelas. Seringnya masyarakat kita menerjemahkan bahwa ketika kuliah kelar, pekerjaan ada, yang tersisa adalah berumah tangga, mau ngapain lagi sih selain itu? Tuntutan untuk meminang dan dipinang itu nampak menggiurkan memang, kita terbebas dari salah satu tekanan budaya, dan lainnya adalah kita punya seseorang untuk berbagi segalanya.

Semenjak gw bersekolah, pertanyaan untuk pernikahan bisa ditangkis dengan alasan “adek masih sekolah bang”, tapi jangan salah temen-temen gw di jepang juga kadang bertanya apakah gw sudah memiliki pacar atau belum, bukan, mereka bukan mau nembak gw, mereka cuma memulai percakapan saja. Mereka memang sedikit banyak mirip Indonesia dalam budaya patriarki nya. Perempuan boleh berkarir tapi harus pulang lebih awal dari suami untuk melayani suami. Perempuan boleh mengambil PhD tapi tetap harus dirongrong dengan kewajiban menikah dan mengurus anak. 
Saya dalam hal ini tidak mengistimewakan perempuan, laki-laki juga kadang diperlakukan demikian kalau urusan pernikahan.

Menyoal pernikahan, saya memang bukan orang yang pantas untuk membahasnya secara komprehensif, sudut pandang saya sebagai seseorang yang belum mengecap pernikahan kali ini akan saya ketengahkan. 👀

Curhat dikit boleh ya?
Pada suatu ketika, saya pernah menunjuk kakak kelas saya sebagai seseorang yang “kalau dia ngajak saya nikah hari itu juga, akan saya langsung iyakan.” Alasannya karena saya rasa bahwa dengan si doi hidup saya akan jadi lebih baik dan lebih indah. Cuih banget ya.
Ada banyak hal yang membuat gw bertanya-tanya kok milih dia sih, bagusnya apa coba?
Jadi keraguan ini datang ketika gw mengorek info tentang si doi kepada informan terpercaya yang adalah sahabatnya. Semakin saya ngobrolin tentang si doi, semakin si doi nampak ke-manusia-biasa-an-nya, makasih loh, dia bukan lagi dewa asmara yang bisa saya nikahi on the spot di mata saya.

Begini informasi yang gw dapet yang bikin emoji love-love (😍) di mata gw pecah (😟):
Si doi ternyata kamarnya berantakan.
Si doi anaknya sarkas. Ini gw masih harus meneliti sih kenapa doi begitu? Siapa sih yang nyakitin kamu, mas?
Si doi dingin, lebih dingin dari Alaska, pokoknya kalau deket-deket doi harus pake jaket, kalau ngga tar pilek.
Si doi juga nampak seperti seorang yang perhitungan.
Dan yang membuat gw agak shock adalah si doi ini kenapa sih ngga selesai-selesai tesisnya anjir, gw kok mulai merasa ada indikasi mas-nya ga tau prioritas dan ga disiplin. Masalahnya itu juga sifat gw, ga mungkin dong gw masuk relationship dengan seseorang yang punya tabiat sama. Ingat guys, persamaan membuatmu menyukai seseorang, tapi perbedaan akan membuatmu mencintai seseorang, itu…👈
Selebihnya si doi masih masuk akal, dengan taste music, tontonan, dan bacaan yang sangat menantang, gw tetep suka.
Gw akhirnya nanya ke diri gw.. “masih mau ang lo nikah sama dia saat itu juga kalau dia ngajak?”
Jawabannya berubah. Shallow amat cinta gw. Wkwk.
Ngga seberubah itu jadi sih, doi turun satu tingkatan. Sekarang ada di kategori kalau dia ngajak nikah, mau aja, tapi ngga saat itu, pengen ngobrol dulu sama keluarga besarnya, sama sahabat-sahabatnya, sama mantan-mantannya, sama tukang kupat tahu langganannya kalau perlu.
Just in case, cinta gw ga cukup besar untuk berkompromi pada kenyataan tentang dirinya yang hanya manusia biasa itu.

Eh btw gw juga menemukan adanya kecenderungan persepsi pernikahan dari anak-anak yang orang tuanya bercerai. Hal ini berawal dari analisis gw terhadap dua temen gw, yang orang tuanya bercerai. Mereka membentuk dua kutub yang berbeda, yang pertama realistis optimis, yang kedua idealis pesimis. Tipe pertama, realistis optimis, mereka bakal dive in to the relationship dan melihat perceraian sebagai jalan keluar kalau pernikahan tersebut ga berjalan baik. Mungkin karena mereka berefleksi dari kedua orang tuanya yang mereka lihat masih bisa bahagia dan toh anaknya fine-fine aja. Sedangkan tipe yang kedua, meskipun mereka nampaknya fine dari luar, tapi sebenarnya mereka sangat messed-up, tipe sentimental yang dalam hati selamanya tidak rela orang tuanya bercerai. Mereka akan melihat perceraian sebagai kegagalan, dan sangat menghindarinya. Makanya tiap mau masuk dalam relationship, entah bagaimana, mereka takut akan bayang perceraian orangtuanya, dan menjadi ragu dengan apapun. Yang ada di otak mereka kalaupun nantinya mereka cerai adalah perkataan orang lain yang akan mencemooh “ya kayanya cerai itu sudah menurun sebagai DNA di keluargamu.” Mereka ga mau denger hal itu, dan berhati-hati dalam menjalin relationship, apalagi kalau membina mahligai rumah tangga, tentu mereka akan semilyar kali berpikir apakah pernikahan ini ga akan berubah dan apakah dia bisa ga jadi seperti orangtuanya. Seperti itu…. 👍

Ini hanya pemikiran-pemikiran gw yang menemukan kisah-kisah tentang pernikahan.
Sebenernya gw udah sering bahas hal ini, dari mulai gimana cari orang yang pantes dinikahin sampai apa yang mengganggu pemikiran gw tentang pernikahan dan mempunyai anak.
Pembahasan ini tidak akan sampai pada suatu kesimpulan mutlak sih, makanya masih bisa digali dengan berbagai perspektif, jadi…..sampai nanti aku bertemu dengan seseorang yang kunikahi dan berbagi pemikiran bersama tentang pernikahan, hal-hal tentang pernikahan akan terus mengganggu keseharianku.

Ya sudah sekian untuk kali ini. 😺

Comments

Popular posts from this blog

Cara Perempuan Jepang Membuang Bekas Pembalut

Selama hidup di Jepang, hal yang paling berkesan untukku adalah tiada hari berlalu tanpa pembelajaran. Bahkan ketika aku di rumah aja ngga ngapa-ngapain, aku tetap dapet pembelajaran baru. Jadi suatu pagi… aku lagi di apartemen aja kan biasa pengangguran laten [ gaya abiesz, bilang aja kosan Pak Ruslan versi fancy wkwk ], dan temen sekosanku yang orang jepang, dia nyimpen bungkus pembalut di kamar mandi. Hmm oiya kita tuh kamar mandinya shared, cuma beda kamar bobo aja. Jadi dia narohnya di salah satu papan yang ada di atas WC duduk gitu, biasanya di papan tersebut kita simpen tissue cadangan atau pengharum ruangan di situ. Oke dia lagi menstruasi. Tapi ini untuk pertama kalinya aku nemuin sampah yang digeletakin gitu aja. Nah, buat kalian yang ngga tau pembungkus pembalut yang mana, ini aku sertakan gambar… karena kebetulan aku lagi rajin dan lagi mens juga. Jadi ini pembalut… Dan ini bungkusnyaaa… yang mana tergeletak di WC tadi. Aku langsung bingung, ih tumben banget kok ngga

Kentut

Saya pernah nonton variety show-nya Negri Gingseng, Hello Counselor . Acaranya membahas problematika, kesulitan, dan penderitaan seseorang. Kind of curhat, but the problem usually soooo silly and weird, you can’t even imagine. Disitu ada host sama penonton. Host berfungsi juga sebagai panelis tanya jawab tentang permasalahan tersebut. Tanya jawabnya dua arah, dari sisi yang punya masalah dan yang jadi biang masalah. Hingga pada satu titik mereka coba memberi solusi. Terus penonton ngejudge itu masalah bukan untuk kemudian voting. Nah yang paling banyak dapet vote , nanti dapet hadiah. Ada satu episode yang menarik yang melibatkan hal paling manusiawi : kentut.

Ada Apa dengan Mas-Mas Jawa?

Kalau kamu adalah seorang perempuan, apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata ‘Mas-Mas Jawa’? Apakah seksi, idaman, gagah, karismatik terlintas meski hanya sekilas? Tak dipungkiri lagi mas-mas jawa adalah komoditas utama dalam pencarian jodoh. Cewe-cewe entah kenapa ada aja yang bilang, “pengen deh dapet orang jawa.” Alasannya macem-macem mulai dari yang sekedar impian masa kecil, pengen aja, sampe dapet wangsit dari mbah Jambrong. Saya ngga ngelak, pria jawa memang identi dengan kualitas terbaik. Mungkin Abang, Aa, Uda, Bli, Daeng, atau Bung juga suka merasa daya saing di pasar rendah, apakah dikarenakan passing grade Si Mas-Mas tinggi? Atau karena ada quality control sebelum masuk pasar? Hmm. Mari disimak beberapa hal yang membuat mas jawa menjadi undeniable (ngga bisa ditolak) 1. Killer smile Mungkin tatapannya orang Jerman atau seringainya kumpeni itu bisa membunuh. Tapi untuk seorang mas-mas jawa, yang membunuh itu senyum. Bikin klepek-klepek. Takar

Disrupsi Rantai Pasok dan Kaitannya dengan Pandemi Covid-19

Cukup disayangkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di kuartal I/2020 hanya mencapai 2,97 persen (year on year). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 2,41 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV/2019. Pertumbuhan ekonomi ini merupakan salah satu yang terendah sejak kuartal IV/2001. Hal ini jelas dipengaruhi oleh pandemi yang menyebabkan penurunan drastis konsumsi rumah tangga. Memang selama ini, kinerja konsumsi rumah tangga berkontribusi pada 50 persen PDB sehingga efeknya cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Padahal sebelumnya Indonesia, sudah cukup percaya diri bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di angka 5,0 persen . Huhu tapi tenang saja, bukan perekonomian Indonesia saja yang sedang gonjang-ganjing. Pertumbuhan ekonomi UK turun 2,0 persen . PDB China sendiri turun tajam hingga menyentuh 6,8 persen . Menyusul, Amerika Serikat pun mengalami penurunan PDB sebesar 4,8 persen . IMF sendiri sudah mengestimasi bahwa secara glob