Skip to main content

Perempuan dan pekerjaannya

Kemarin aku main ke channel CNN Indonesia, ada liputan khusus tentang seorang perempuan yang menjadi satpam untuk salah satu bank, dan ini menjadi viral karena beliau ini cantik dan dulunya pernah bekerja sebagai model.
Sebenernya aku seneng sama berita kaya gini, karena sifatnya ringan dan membuatku merasa bahwa perdamaian dunia masih punya harapan untuk bisa terwujud. #elah
Sebagai seorang perempuan, sebelumnya aku ngga pernah merasa bahwa ada masalah yang sedang terjadi terkait diriku sebagai perempuan. Mungkin karena aku saat itu belum terpapar dunia luar dan belum merasakan kejamnya lidah manusia. Seiring dewasa, aku akhirnya tahu stigma yang melekat pada perempuan.

Kemudian aku melek dengan informasi dan tahu adanya problem terkait gender equity (kesetaraan gender) dan gender equality (keadilan gender). Mari kita urai perbedaan antara kedua hal tersebut. Kesetaraan gender dimaknai sebagai kesamaan kondisi dimana perempuan dan laki-laki bisa memperoleh kesempatan dan hak-haknya untuk berperan dan berpartisipasi di segala bidang, sedangkan keadilan gender diartikan sebagai proses dan perlakuan yang adil terhadap perempuan dan laki-laki, sehingga salah satunya tidak merasa adanya beban ganda, marginalisasi, atau kekerasan.

Entah karena ajaran agama majoritas Indonesia menyerukan untuk memuliakan perempuan atau ada penanaman nilai bahwa perempuan itu istimewa (istimewa sama dikekang saat itu mungkin belum jelas definisinya), tapi istilah-istilah ini nampaknya tidak sebanter isu yang beredar di US atau Eropa misalnya. Kita pernah punya presiden perempuan, dan kita begitu mudah menerima bahwa perempuan juga bisa menduduki peran-peran publik, tidak terbatas hanya domestik saja.

Ada hal yang menarik di Jepang, Jepang ini notabene negara maju, tetap saja masih menganggap bahwa perempuan adalah warga negara kelas dua. Terjadinya subordinasi ini merupakan warisan dari tradisi yang sangat dijaga di Jepang. Kalaupun banyak yang perempuan yang beranjak menjadi warga kerah biru, itu semua tidak lain dipicu oleh beban finansial.

Salah satu Sensei yang ada di lab gw yang merupakan asisten professor pernah menyampaikan kegelisahannya. Menjadi perempuan di kalangan elit akademik bukan seperti jalan-jalan di taman. Meski begitu, hak untuk memilih dan menentukan nasib tetap harus diperjuangkan.

Hal ini mungkin seperti petunjuk halus bahwa isu penomorduaan gender masih terjadi. Pertama kalau seseorang merasa bahwa ketika perempuan cantik berprofesi sebagai satpam merupakan hal ajaib, tentu masih ada asumsi pembagian peran pekerjaan, mungkin ini menyakiti keadilan gender yang diharapkan bersama. Kedua ketika seseorang merasa bahwa menjadi perempuan lebih berat atau menjadi laki-laki lebih berat, bisa jadi merupakan indikasi bahwa adanya eksploitasi terhadap distribusi kekuasaan atau adanya masalah dalam pemerataan akses ekonomi.

Bukankah hidup sebaik-baiknya hidup adalah hidup penuh kepercayaan diri dan tanpa ketakutan apapun. Kalau menjadi perempuan membuat hidup terasa lebih terbatasi dan membuat rishi, atau membuat merasa tidak nyaman, ada suatu masalah di masyarakat. Pekerjaan merupakan gambaran sederhana. Tapi hal ini juga menarik karena ketika aku di Thailand mereka memiliki kondektur bis seorang perempuan, dan ketika di Jepang, seorang perempuan bekerja sebagai supir truk.

Terpapar pada budaya asing membuatku memahami bahwa ada permasalahan tapi sekaligus ada sebuah harapan bahwa banyak orang yang ingin menyelesaikan masalah tersebut. Perempuan dan pekerjaannya ini lah sesuatu yang membuatku tahu bahwa sebenarnya perempuan masih selalu punya tempat untuk ruang pengembangan diri. Karena sisi lembutnya perempuan seringkali dirasa tidak cocok untuk pekerjaan kasar, padahal seperti kita tahu perempuan dewasa lebih cepat dan lebih toleran menerima rasa sakit ketimbang pria. Jadi ada baiknya kita menepis dugaan bahwa perempuan tidak cocok untuk pekerjaan berat lagi. Dan lainnya adalah perempuan tidak cocok untuk pekerjaan yang penuh logika karena naturalnya perempuan lebih mengedepankan emosi. Ini juga seharusnya mulai ditepis karena pembuktian bahwa perempuan pun bisa menjadi saintis, ahli mesin dan bahkan seorang sutradara film. Kesetaraan dan keadilan ini memang tidak selalu terlihat bentuknya, tapi semikro sangkaan bahwa “kamu kan perempuan…”, atau “perempuan tuh harusnya…” juga merupakan bagian dari permasalahan.
Bukankah manusia sudah harus bijak sejak dalam pemikiran?

Mari mulai hari ini kita bisa terinspirasi dari perempuan dan pekerjaan, karena perempuan sesungguhnya bisa mengerjakan apa saja dan bisa menjadi apa saja. Dan selama masih ada isu yang terlempar terkait ketidakadilan gender, selama itu pula para perempuan akan terus membuktikan diri dengan segala kekuatannya dalam setiap kelembutannya.

-

Comments

Popular posts from this blog

Cara Perempuan Jepang Membuang Bekas Pembalut

Selama hidup di Jepang, hal yang paling berkesan untukku adalah tiada hari berlalu tanpa pembelajaran. Bahkan ketika aku di rumah aja ngga ngapa-ngapain, aku tetap dapet pembelajaran baru. Jadi suatu pagi… aku lagi di apartemen aja kan biasa pengangguran laten [ gaya abiesz, bilang aja kosan Pak Ruslan versi fancy wkwk ], dan temen sekosanku yang orang jepang, dia nyimpen bungkus pembalut di kamar mandi. Hmm oiya kita tuh kamar mandinya shared, cuma beda kamar bobo aja. Jadi dia narohnya di salah satu papan yang ada di atas WC duduk gitu, biasanya di papan tersebut kita simpen tissue cadangan atau pengharum ruangan di situ. Oke dia lagi menstruasi. Tapi ini untuk pertama kalinya aku nemuin sampah yang digeletakin gitu aja. Nah, buat kalian yang ngga tau pembungkus pembalut yang mana, ini aku sertakan gambar… karena kebetulan aku lagi rajin dan lagi mens juga. Jadi ini pembalut… Dan ini bungkusnyaaa… yang mana tergeletak di WC tadi. Aku langsung bingung, ih tumben banget kok ngga

Kentut

Saya pernah nonton variety show-nya Negri Gingseng, Hello Counselor . Acaranya membahas problematika, kesulitan, dan penderitaan seseorang. Kind of curhat, but the problem usually soooo silly and weird, you can’t even imagine. Disitu ada host sama penonton. Host berfungsi juga sebagai panelis tanya jawab tentang permasalahan tersebut. Tanya jawabnya dua arah, dari sisi yang punya masalah dan yang jadi biang masalah. Hingga pada satu titik mereka coba memberi solusi. Terus penonton ngejudge itu masalah bukan untuk kemudian voting. Nah yang paling banyak dapet vote , nanti dapet hadiah. Ada satu episode yang menarik yang melibatkan hal paling manusiawi : kentut.

Ada Apa dengan Mas-Mas Jawa?

Kalau kamu adalah seorang perempuan, apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata ‘Mas-Mas Jawa’? Apakah seksi, idaman, gagah, karismatik terlintas meski hanya sekilas? Tak dipungkiri lagi mas-mas jawa adalah komoditas utama dalam pencarian jodoh. Cewe-cewe entah kenapa ada aja yang bilang, “pengen deh dapet orang jawa.” Alasannya macem-macem mulai dari yang sekedar impian masa kecil, pengen aja, sampe dapet wangsit dari mbah Jambrong. Saya ngga ngelak, pria jawa memang identi dengan kualitas terbaik. Mungkin Abang, Aa, Uda, Bli, Daeng, atau Bung juga suka merasa daya saing di pasar rendah, apakah dikarenakan passing grade Si Mas-Mas tinggi? Atau karena ada quality control sebelum masuk pasar? Hmm. Mari disimak beberapa hal yang membuat mas jawa menjadi undeniable (ngga bisa ditolak) 1. Killer smile Mungkin tatapannya orang Jerman atau seringainya kumpeni itu bisa membunuh. Tapi untuk seorang mas-mas jawa, yang membunuh itu senyum. Bikin klepek-klepek. Takar

Disrupsi Rantai Pasok dan Kaitannya dengan Pandemi Covid-19

Cukup disayangkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di kuartal I/2020 hanya mencapai 2,97 persen (year on year). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 2,41 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV/2019. Pertumbuhan ekonomi ini merupakan salah satu yang terendah sejak kuartal IV/2001. Hal ini jelas dipengaruhi oleh pandemi yang menyebabkan penurunan drastis konsumsi rumah tangga. Memang selama ini, kinerja konsumsi rumah tangga berkontribusi pada 50 persen PDB sehingga efeknya cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Padahal sebelumnya Indonesia, sudah cukup percaya diri bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di angka 5,0 persen . Huhu tapi tenang saja, bukan perekonomian Indonesia saja yang sedang gonjang-ganjing. Pertumbuhan ekonomi UK turun 2,0 persen . PDB China sendiri turun tajam hingga menyentuh 6,8 persen . Menyusul, Amerika Serikat pun mengalami penurunan PDB sebesar 4,8 persen . IMF sendiri sudah mengestimasi bahwa secara glob