Skip to main content

Juvenoia

Selain alam gaib, kriminalitas, dan ibu-ibu bawa mio, satu lagi hal yang menakutkan untuk dijumpai adalah ABG. Cara mereka berpakaian alay, cara mereka bicara alay, cara mereka berpikir alay, selera musiknya ppffttt alay banget.. Selalu dan pasti komentar yang muncul ngga jauh-jauh dari “yaelah anak zaman sekarang gayanya, beda ama zaman gw yang ........... (insert 1001 kebaikan)”
Jadi, manusia itu tidak sadar dikotak-kotakkan dengan sebuah zaman.
Mungkin itulah yang disebut generasi. Yang kelahirannya bisa dibilang dalam keadaan yang ngga jauh berbeda sehingga sifatnya ya rada-rada sama.
Sebuah generasi ini biasanya cirinya hobi jelek-jelekin generasi berikutnya dan selalu merasa lebih unggul dari generasi sebelumnya.
Sentimen semacam ini ternyata ada istilahnya, juvenoia. Juvenoia intinya kaya kekecewaan, atau juga ketakutan berlebihan terhadap hal-hal yang mempengaruhi anak-anak zaman sekarang.
Saya sendiri masuk kategori generasi 90an atau yang sering disebut Milennials. Memang saya akui garis batas antar generasi itu blur, kadang tumpang tindih, atau kadang bedanya jelas kentara.Contohnya aja kaya generasi X, generasi yang masih analog lalu beralih ke digital. Milennials, generasi yang terlahir semuanya sudah digital. Generasi X sendiri yang kebanyakan menyesuaikan diri dengan Millenials, ngga lupa sambil ngeluh “yaelah anak zaman sekarang..”
Saya pernah dicurhatin ama temen, dia seorang calon ibu. Dia bilang dengan adanya internet dan iphone, atau apalah kemajuan teknologi, membesarkan seorang anak yang berbudi pekerti itu makin sulit. Pokoknya iklimnya ngga cocok buat anak-anak tumbuh jadi orang baik.
Mungkin si ibu ini lagi juvenoia..
Kadang kalau dipikir tuh tiap generasi tentunya adalah perbaikan dari generasi sebelumnya. Dan generasi di masa depan memang lahir dengan kondisi yang teknologi serba canggih, wajar anaknya juga membawa karakter psikologis tertentu. Gimanapun buruknya keadaan di masa depan, itu juga ulah kita-kita yang sekarang.
Inilah saat saya merasa beberapa orang kadang ga sadar menjadi tua itu bukan ketika umurnya mencapai angka tertentu, tapi ketika dia ngga berusaha untuk open-minded.
Tertutup pada ide-ide baru membuka permasalahan baru untuk para Millenials. Mereka kadang jengkel dan bilang, “kolot banget ih, norak, ngga ngerti ini tuh lagi kekinian..emang orang zaman dulu tuh ngga akan ngerti deh anak-anak kaya kita”.
Bisa dilihat dari sua sisi. Dari sisi Millenials dan sisi generasi X.
Kenyataannya, hidup sebagai anak di generasi Millenials itu sulit. Beban belajar makin berat, sekolah itu level literasinya terus-terusan dipertanyakan dan ditingkatkan, pergaulan dituntut untuk nelen semua informasi, biar ngga diem aja pas ngobrol harus banyak wawasan, tahu ini itu, lifestyle yang dilabelin sehat atau bermanfaat harus diikutin biar bisa bilang ‘been there done that’.
Dan kalau aja Millenials mau membuka mata pada generasi X, mereka sedikit banyak juga iri. Kisah cintanya penuh perjuangan dan kehidupan terasa lebih berarti karena mereka ngga repot sama yang namanya being fake, hatinya pada lempeng ngga banyak neko-neko, trus juga penuh kebijaksanaan secara kan udah makan asam garam pait manis kehidupan. Makanya ngga bisa diremehkan gitu aja.
Broh, tiap generasi punya masalahnya sendiri. makanya generasi yang masih pada hidup harus rukun berdampingan. Millenials ngga boleh merasa lebih baik dari gen X, dan begitupun gen X ga boleh merasa superior. Keduanya sama-sama belajar, karena keduanya juga akan punah tergantikan generasi baru berikutnya.
Semoga tak ada juvenoia di antara kita.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Perempuan Jepang Membuang Bekas Pembalut

Selama hidup di Jepang, hal yang paling berkesan untukku adalah tiada hari berlalu tanpa pembelajaran. Bahkan ketika aku di rumah aja ngga ngapa-ngapain, aku tetap dapet pembelajaran baru. Jadi suatu pagi… aku lagi di apartemen aja kan biasa pengangguran laten [ gaya abiesz, bilang aja kosan Pak Ruslan versi fancy wkwk ], dan temen sekosanku yang orang jepang, dia nyimpen bungkus pembalut di kamar mandi. Hmm oiya kita tuh kamar mandinya shared, cuma beda kamar bobo aja. Jadi dia narohnya di salah satu papan yang ada di atas WC duduk gitu, biasanya di papan tersebut kita simpen tissue cadangan atau pengharum ruangan di situ. Oke dia lagi menstruasi. Tapi ini untuk pertama kalinya aku nemuin sampah yang digeletakin gitu aja. Nah, buat kalian yang ngga tau pembungkus pembalut yang mana, ini aku sertakan gambar… karena kebetulan aku lagi rajin dan lagi mens juga. Jadi ini pembalut… Dan ini bungkusnyaaa… yang mana tergeletak di WC tadi. Aku langsung bingung, ih tumben banget kok ngga

Kentut

Saya pernah nonton variety show-nya Negri Gingseng, Hello Counselor . Acaranya membahas problematika, kesulitan, dan penderitaan seseorang. Kind of curhat, but the problem usually soooo silly and weird, you can’t even imagine. Disitu ada host sama penonton. Host berfungsi juga sebagai panelis tanya jawab tentang permasalahan tersebut. Tanya jawabnya dua arah, dari sisi yang punya masalah dan yang jadi biang masalah. Hingga pada satu titik mereka coba memberi solusi. Terus penonton ngejudge itu masalah bukan untuk kemudian voting. Nah yang paling banyak dapet vote , nanti dapet hadiah. Ada satu episode yang menarik yang melibatkan hal paling manusiawi : kentut.

Ada Apa dengan Mas-Mas Jawa?

Kalau kamu adalah seorang perempuan, apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata ‘Mas-Mas Jawa’? Apakah seksi, idaman, gagah, karismatik terlintas meski hanya sekilas? Tak dipungkiri lagi mas-mas jawa adalah komoditas utama dalam pencarian jodoh. Cewe-cewe entah kenapa ada aja yang bilang, “pengen deh dapet orang jawa.” Alasannya macem-macem mulai dari yang sekedar impian masa kecil, pengen aja, sampe dapet wangsit dari mbah Jambrong. Saya ngga ngelak, pria jawa memang identi dengan kualitas terbaik. Mungkin Abang, Aa, Uda, Bli, Daeng, atau Bung juga suka merasa daya saing di pasar rendah, apakah dikarenakan passing grade Si Mas-Mas tinggi? Atau karena ada quality control sebelum masuk pasar? Hmm. Mari disimak beberapa hal yang membuat mas jawa menjadi undeniable (ngga bisa ditolak) 1. Killer smile Mungkin tatapannya orang Jerman atau seringainya kumpeni itu bisa membunuh. Tapi untuk seorang mas-mas jawa, yang membunuh itu senyum. Bikin klepek-klepek. Takar

Disrupsi Rantai Pasok dan Kaitannya dengan Pandemi Covid-19

Cukup disayangkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di kuartal I/2020 hanya mencapai 2,97 persen (year on year). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 2,41 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV/2019. Pertumbuhan ekonomi ini merupakan salah satu yang terendah sejak kuartal IV/2001. Hal ini jelas dipengaruhi oleh pandemi yang menyebabkan penurunan drastis konsumsi rumah tangga. Memang selama ini, kinerja konsumsi rumah tangga berkontribusi pada 50 persen PDB sehingga efeknya cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Padahal sebelumnya Indonesia, sudah cukup percaya diri bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di angka 5,0 persen . Huhu tapi tenang saja, bukan perekonomian Indonesia saja yang sedang gonjang-ganjing. Pertumbuhan ekonomi UK turun 2,0 persen . PDB China sendiri turun tajam hingga menyentuh 6,8 persen . Menyusul, Amerika Serikat pun mengalami penurunan PDB sebesar 4,8 persen . IMF sendiri sudah mengestimasi bahwa secara glob