Skip to main content

Pertanyaan Esensial untuk Potensial Jodoh

Bukan cuma seleksi karyawan perusahaan aja yang memerlukan interview yang komprehensif, mencari orang yang tepat buat melabuhkan jangkar hidup juga perlu interview. Inget loh, orang tersebut merupakan seseorang yang kita pilih menjadi dermaga tempat kita berlindung, dan badai setiap saat bisa menghantam biduk rumah tangga seseorang. Kita harus yakin betul bahwa dia kompeten dan sudah siap siaga untuk lepas landas.
Kalau nanti kamu lagi menggebet seseorang, wajib hukumnya menyelidiki karakternya. Terserah mau nanya ke orangnya langsung, atau ke neneknya, ke dosen pembimbingnya, atau ke tukang nasi uduk langganannya.
Saya sendiri biasanya kalau masa PDKT udah mulai menyelipkan pertanyaan tanya jawab yang sifatnya tidak terstruktur, tidak sistematis, tapi cukup valid untuk menjawab rasa ingin tahu saya akan karakternya.
Nah, kali ini saya mau memaparkan semacam pedoman wawancara buat pegangan kalian, dan mungkin bisa menambah topik pembicaraan kalau lagi diem-dieman ngga ada bahan obrolan.
1. Suka travelling ga?
Pernikahan itu sifatnya long run. Jarak jauh. Jangka panjang. Saya percaya orang yang suka travelling cenderung reliable (bisa diandalkan) karena traveller selalu dihadapkan pada kenyataan bahwa ‘Everything can go wrong at any moment. How you will survive or deal with problem?’.
Kalau dia bilang ngga, red flag. Coba ajak travelling dan putuskan sendiri apakah dia orangnya ternyata ribet, uring-uringan mulu, atau justru asik dan bisa kompromi sama masalah.
Kalau dia bilang dia suka travelling, korek terus. Pernah travelling kemana? Dengan siapa? Jenis travellingnya kaya gimana?
Jenis travelling yang ikut agen dan paket VIP tentu beda nilainya dengan yang travelling backpacker sendirian.
Makanya nih, buat kalian yang ngga pernah travelling, coba lah sekali-kali. Ngga ada salahnya jadi turis di negri sendiri. Mungkin di perjalanan malah bisa ketemu jodoh.
2. Suka nonton film (sebutkan genre film yang kalian suka) ngga?

Pertama saya mau bilang kalau genre film yang seseorang suka itu sifatnya personal taste. Ngga bisa diprotes. Ngga perlu dirubah.
Dia suka film horor, kamu suka romantis. Yaudah.
Dia suka heroes, kamu suka drama korea. Biarin.
Dia suka fiksi sains, kamu suka thriller. Ngga masalah.
Selera itu ngga harus selalu sama untuk bisa jadi jodoh. Toh kalau saling cinta bisa bertoleransi satu sama lain.
Hanya saja, genre film yang seseorang suka bisa menggambarkan sifatnya.
Beberapa orang untungnya cukup open-minded untuk mencoba berbagai genre dan menyukai jenis apapun selama filmnya bagus. Tapi beberapa orang juga ada yang punya genre khusus, dan ngga suka yang lainnya.
Rata-rata perempuan wajar suka sama romance, dan sifatnya juga harap dimaklumi jadi mengharapkan pria bersikap seperti apa yang dia tonton.
Rata-rata lelaki ya sukanya heroes, action, fiksi sains, wajar kalau mereka bersikap ksatria dan mencoba selalu melindungi sesuatu.
Ya bisa dinilai sendiri sih ini.
Saya punya teman yang suka film psikopat gitu, dan sifatnya tsundere. Galak tapi diam-diam peduli. Saya agak takut sama selera film dia sih, tapi after all she is nice, and that what’s important.
Don’t forget to ask what’s his/her favourite movie. Watch it and judge it silently! You can ask why he/she like it if you already watched the movie.
3. Kamu suka baca ngga?

Pertanyaan ini penting untuk menciptakan lingkungan keluarga ilmiah yang mendasarkan prinsip hidupnya pada sains.
Kemampuan literasi adalah budaya untuk mencerdaskan suatu generasi. Kalau seseorang membaca, tidak usah diragukan lagi kapasitasnya dalam berargumen, high-order thinking dan kepekaan terhadap lingkungan.
Hindarilah relationship dengan orang yang tidak suka membaca, dan tidak punya favorite author.
Sebenarnya yang ini prinsip saya aja, tapi sebaiknya kamu juga mulai mempertimbangkan hal ini. Pasangan kita harus secara akademik mapan. Jangan lupa di jangka panjang, orang ini akan menjadi ayah/ibu untuk anak kalian. Only smart parents will raise smart children.
Gimana sama genrenya? Tujuan seseorang membaca itu kan untuk belajar. Selama bacaan itu mengedukasinya, tentu saja genre bukan persoalan.
Seseorang yang bilang dia ngga suka baca, it’s such a big turn off. Minus sejuta.
(OOT buat cewe-cewe, reading is hot loh : http://menreadingbooksbywomen.tumblr.com/ )
4. Kalau weekend kamu biasanya ngapain?

Banyak orang yang melakukan hal-hal yang paling disukainya ketika weekend. Jalan-jalan, kulineran, nonton, tidur, mengunjungi saudara, mancing, adu burung, benerin genteng, nanam kangkung hidrofonik, macem-macem.
Kalau kamu akan menjadi bagian dari hidupnya, kamu harus tahu kamu akan menjadi bagian dari hal kaya gimana.
Jawaban pertama yang keluar dari mulutnya, itu biasanya yang paling sering dia lakukan. Jangan dibiarkan menggantung begitu aja, tanyakan juga mungkin kalian berdua ternyata bisa sharing interest di weekend.
Some people put effort in relationship through sharing the same interest.
5. Ceritain dong tentang keluarga kamu?

Pertanyaan ini ada baiknya disimpan sampai kalian benar-benar saling mengenal, agak privasi soalnya. Take your time, udah kencan ke 7 baru deh buka topik ginian. You sense it lah, kalau udah membuka diri tar juga ngga sengaja ada yang mengarah kesana.
Tanya tentang ibu, bapak, saudara kandungnya, atau bisa juga sahabat karibnya. Mereka orang yang paling dekat dan lebih banyak menghabiskan waktu, jelas penilaian gebetan kamu tentang keluarganya akan ngasih kamu clue tentang perspektif dia mengenai ‘keluarga’.
Latar belakang keluarga bisa menjelaskan sifat yang paling disembunyikan dari pasangan.
Kalau dia menggolongkan keluarganya ‘baik’, catat apa yang dia asumsikan sebagai ‘baik’.
Kalau dia secara tidak langsung mengkritik keluarganya di depan kamu, camkan apa yang dia keluhkan.
6. Tujuan hidup?

Ini kalau interview perusahaan pasti kalimatnya : Where do you see yourself in 5 years or 10 years?
Seseorang yang ngga tahu apa passionnya, ngga paham kualitas dirinya, ngga berencana untuk masa depan, ramalan saya mengatakan hubungan akan berakhir 100 % dengan kekecewaan.
Nanya tujuan hidup itu bisa dimodifikasi jadi : cita-cita kamu apa? ke depannya planning kamu mau ngapain?
Inget dong sama lagu “mau dibawa kemana hubungan kita..?”nya Armada, ini salah satu bentuk konkret pertanyaan tujuan hidup loh.
Kenapa tujuan hidup itu perlu dan penting? Karena dalam hubungan kamu harus bring the best in each other.
So screw it kalau ada yang bilang “Lah kok nuntut sih, nanya-nanya segala”, mission abort, macem gini ngga usah dilirik. You deserve someone better, get yourself some standard!
Mungkin ada juga yang bilang, “Aku bukan tipe yang punya targetan, ngalir aja..”
It may seems cool, but in the future you will realize that you waste your time.
Lebih magic lagi yang dengan nyantai berkata, “Ngga tahu nih, masih mikir-mikir.” Wah ini..yakin bisa mikir?
Kalau gebetan kamu memaparkan impiannya, harapannya, apa saja yang sudah dia persiapkan untuk meraih itu semua, SELAMAT!
Selamat, dia baru saja berbagi impiannya bersama kamu, next step, mungkin kamu menjadi bagian dari impiannya.
7. Ada yang aku perlu tahu ngga tentang kamu, yang kira-kira aku ngga bisa nebak tuh kalau kamu tuh kaya gitu?

TRAP ALERT! Perangkap untuk menceritakan sebuah rahasia. Kamu harus tahu kalau seseorang sudah menceritakan rahasianya, artinya dia membuka dirinya dan menerima resiko kalau kamu mungkin menyakitinya tapi dia lebih milih percaya sama kamu. Yay!
Biasanya kalau sudah deket banget, bisa sharing secret.
Rahasia itu kadang bisa memalukan, bodoh, atau bersifat penyesalan.
Kalau ngga mau ngasih tahu, jangan dipaksa, beberapa bab dalam kehidupan seseorang memang tidak layak dipublikasikan.
Bisa disiasati dengan kamu memulai menceritakan rahasiamu.
Strategi yang lain adalah kasih makan, katanya nih orang yang sudah membuka mulutnya akan lebih mudah untuk membuka hatinya.
Intinya, jajanin, lama-kelamaan juga cerita.

8. Menurut kamu ada ngga sih yang perlu dihindarin (ngga boleh dilakukan) dalam suatu hubungan?

Sebagai benteng aja buat kamu. Kamu harus tahu juga apa aja yang dia ngga suka dalam suatu relationship. Kebanyakan orang ngga ngomongin ini karena bisa jadi isu sensitif dan pihak lain tanpa sengaja terluka.
Misalnya pas kamu nanya, dia jawab “Aku ngga suka dalam suatu hubungan, pasangan aku ngehubungin terus-terusan, dua jam sekali, udah kaya jadwal pake salep.”
Walaupun mungkin sebenarnya kamu ngga gitu, dan dia mencegah supaya kamu jangan kaya gitu, tapi kamu bisa aja merasa tersindir dan sakit hati dikatain salep.
Wejangan saya kalau lagi nanya kaya gini mending pas lebaran aja.. hehe, ngga.. Berbesar hatilah, mungkin beberapa orang punya standar dan pemahaman tentang relationship dari evaluasi hidupnya.
Pertanyaan ini berperan sebagai asesmen. Pahami apa dan kenapa beberapa hal menjadi turn off nya sebuah hubungan. Kamu bisa berangkat dari situ.
Intinya.. Cowo atau cewe itu kaya bawang. Berlapis-lapis. Jadi harus dikupas perlahan, bukan langsung ditusuk dari tengah pake pisau. Untuk mengetahui kepribadian seseorang juga seperti mengupas lapisan bawang. Ada prosesnya, pelan tapi terarah.
Semoga postingan ini bisa membantu! Selamat bertanya dan menilai!

Comments

Popular posts from this blog

Cara Perempuan Jepang Membuang Bekas Pembalut

Selama hidup di Jepang, hal yang paling berkesan untukku adalah tiada hari berlalu tanpa pembelajaran. Bahkan ketika aku di rumah aja ngga ngapa-ngapain, aku tetap dapet pembelajaran baru. Jadi suatu pagi… aku lagi di apartemen aja kan biasa pengangguran laten [ gaya abiesz, bilang aja kosan Pak Ruslan versi fancy wkwk ], dan temen sekosanku yang orang jepang, dia nyimpen bungkus pembalut di kamar mandi. Hmm oiya kita tuh kamar mandinya shared, cuma beda kamar bobo aja. Jadi dia narohnya di salah satu papan yang ada di atas WC duduk gitu, biasanya di papan tersebut kita simpen tissue cadangan atau pengharum ruangan di situ. Oke dia lagi menstruasi. Tapi ini untuk pertama kalinya aku nemuin sampah yang digeletakin gitu aja. Nah, buat kalian yang ngga tau pembungkus pembalut yang mana, ini aku sertakan gambar… karena kebetulan aku lagi rajin dan lagi mens juga. Jadi ini pembalut… Dan ini bungkusnyaaa… yang mana tergeletak di WC tadi. Aku langsung bingung, ih tumben banget kok ngga

Kentut

Saya pernah nonton variety show-nya Negri Gingseng, Hello Counselor . Acaranya membahas problematika, kesulitan, dan penderitaan seseorang. Kind of curhat, but the problem usually soooo silly and weird, you can’t even imagine. Disitu ada host sama penonton. Host berfungsi juga sebagai panelis tanya jawab tentang permasalahan tersebut. Tanya jawabnya dua arah, dari sisi yang punya masalah dan yang jadi biang masalah. Hingga pada satu titik mereka coba memberi solusi. Terus penonton ngejudge itu masalah bukan untuk kemudian voting. Nah yang paling banyak dapet vote , nanti dapet hadiah. Ada satu episode yang menarik yang melibatkan hal paling manusiawi : kentut.

Ada Apa dengan Mas-Mas Jawa?

Kalau kamu adalah seorang perempuan, apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata ‘Mas-Mas Jawa’? Apakah seksi, idaman, gagah, karismatik terlintas meski hanya sekilas? Tak dipungkiri lagi mas-mas jawa adalah komoditas utama dalam pencarian jodoh. Cewe-cewe entah kenapa ada aja yang bilang, “pengen deh dapet orang jawa.” Alasannya macem-macem mulai dari yang sekedar impian masa kecil, pengen aja, sampe dapet wangsit dari mbah Jambrong. Saya ngga ngelak, pria jawa memang identi dengan kualitas terbaik. Mungkin Abang, Aa, Uda, Bli, Daeng, atau Bung juga suka merasa daya saing di pasar rendah, apakah dikarenakan passing grade Si Mas-Mas tinggi? Atau karena ada quality control sebelum masuk pasar? Hmm. Mari disimak beberapa hal yang membuat mas jawa menjadi undeniable (ngga bisa ditolak) 1. Killer smile Mungkin tatapannya orang Jerman atau seringainya kumpeni itu bisa membunuh. Tapi untuk seorang mas-mas jawa, yang membunuh itu senyum. Bikin klepek-klepek. Takar

Disrupsi Rantai Pasok dan Kaitannya dengan Pandemi Covid-19

Cukup disayangkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di kuartal I/2020 hanya mencapai 2,97 persen (year on year). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 2,41 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV/2019. Pertumbuhan ekonomi ini merupakan salah satu yang terendah sejak kuartal IV/2001. Hal ini jelas dipengaruhi oleh pandemi yang menyebabkan penurunan drastis konsumsi rumah tangga. Memang selama ini, kinerja konsumsi rumah tangga berkontribusi pada 50 persen PDB sehingga efeknya cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Padahal sebelumnya Indonesia, sudah cukup percaya diri bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di angka 5,0 persen . Huhu tapi tenang saja, bukan perekonomian Indonesia saja yang sedang gonjang-ganjing. Pertumbuhan ekonomi UK turun 2,0 persen . PDB China sendiri turun tajam hingga menyentuh 6,8 persen . Menyusul, Amerika Serikat pun mengalami penurunan PDB sebesar 4,8 persen . IMF sendiri sudah mengestimasi bahwa secara glob