Skip to main content

Ini Ramadhanku, Apa Ramadhanmu?

Yatta! Udah mau ramadhan lagi aja, Alhamdulillah..berasa baru kemarin belajar puasa yah? puasa setengah hari ituuu loh yang disebut puasa ayakan. Ada ngga nih yang waktu puasa ngebatalin diri tanpa diketahuin orangtuanya, hayoo ngaku?!! Siapa yang minum air keran di kamar mandi pas lagi puasa, atau makan ngumpet-ngumpet supaya ngga dimarahin mamah karena ngga kuat nahan laper. Ngacung coba!! Siapa yang mau sahur susah banget dibangunin?

Rata-rata nih pas waktu kecil, mau sahur, pasti digendong sampe meja makan sama bapak, nanti dibujuk-bujuk sama ibu supaya mengikuti ritual santap sahur, ngga jarang juga disuapin terus nanti mereka berkomplotan untuk mensukseskan puasa kita sampai magrib.. Uuhh pengen balik lagi ya ke masa itu.. Tapi realistis aja yuk. Sekarang, bukan umur yang kecil untuk terus-terusan mengajak bercanda kenyataan dan bilang “pengen kecil lagiiii..”, tapi juga terlalu muda untuk serius marah-marah pada takdir... It’s time mostalgiaaa. Nah! Ini dia list kebiasaan yang sering dilakukan saat bulan ramadhan pas kita masih kecil.

1. Bangunin warga sekitar buat sahur pake bedug keliling yang diarak kampung, anak sholeh yang lainnya ada juga yang ikutan “pupujian”, ini istilah sunda yang berarti sholawatan dan ngaji di masjid, fungsinya untuk membangunkan orang juga. Namanya juga masih anak-anak, waktu ‘pupujian’ ada aja tingkahnya. Ada yang rebutan microphone, ada yang teriak-teriak panggil nama orangtuanya, ahahha pamer gitu, ada juga yang suaranya bikin sakit kepala dan perut melilit, ada yang ngelomohin atau bahasa lainnya ngemutin microphone nya. Bervariasi pokoknya, kamu yang mana?

2. Membunuh waktu dengan main.. Ada yang main galah, monopoli, bola bekel, ular tangga, mainin apa aja deh asal jangan godain nenek-nenek lewat.. haha. Ada juga yang ikutan pesantren kilat yang biasanya diadain di sekolah pas SD, anak soleh banget kan? Tapi pas pulang langsung minta pengen batal ke mamahnya.. Yahh maklum ya, kan masih kecil. Menjelang sore, biasanya ada sebagian di antara kita yang “ngabuburit”. Itu istilah sunda, yang berasal dari kata “burit” artinya senja. Jadi ngabuburit ini kerennya : menyongsong senja. Biasanya ngabuburit tuh pada nongkrong, jalan-jalan, atau malah berburu makanan di jalanan.

3. Nimbrungin mamah atau nenek bikin kue atau masakan sambil ngisepin gula manis, ada juga yang ngeliatin mamah masak dengan pose “gembel belum makan”. Di bulan puasa, kaum wanita biasanya khusyu’ bikin tajil dan makanan untuk buka.. Apalagi kalau puasa pertama, pasti makanan tercecer dimana-mana.

4. Pas taraweh bawa bekel makan minum, bawa duit buat jajan, di mesjid nya juga ada emang-emang yang lagi bisnis jajanan mulai dari baso, cilok,sate, gorengan, mesjid udah kaya tempat wisata jadinya.Paling hits dulu adalah makan mie yang dibubukin, mie nya di remes terus bumbunya dituangin deh.

Ada juga yang teraweh ngga sampe beres, udah terakhiran padahal,mau shalat witir malah kabur ya jajan lah, ya main kejar-kejaran lah. Biasanya cewe nih yang doyan ngobrol asyik selagi teraweh , ckck terus dimarahin ibu-ibu baru diem atau malah melarikan diri.. ada juga anak yang menekuni hobi bulak-balik ke WC pas teraweh, malah ada yang pura-pura batal supaya bisa bersemayam di area WC lebih lama. Ada anak-anak yang menikmati hidup dengan membeli petasan, kembang api, terus dinyalain bareng temen-temen depan rumah orang sampe bikin yang punya rumah marah. Orangnya keluar dan mau ngamuk langsung serentak KABUUURRR..

5. Ngga asing lagi kalau selama ramadhan kita disuruh ngisi buku ramadhan, terus mintain tanda tangan imam masjid padahal sholat juga ngga karuan.. ya Allah, ampunilah dosa hambamu ini.. Ah tapi sekali lagi waktu itu kita kan masih kecil.

Dengan mengingatnya aja udah membawa kita pada memori dimana hari itu berlangsung, rasanya kaya ada sebuah adegan bergerak di dalam kepala kita, rekaman kenangan kita..

Semoga Ramadhan ini bukanlah “Ramadhan biasa” bagi kita, semoga Ramadhan kali ini lebih membawa kebaikan daripada Ramadhan-Ramadhan sebelumnya, semoga Allah meningkatkan derajat kita di hadapanNya, dan kita disampaikan di Ramadhan-Ramadhan berikutnya. Aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Perempuan Jepang Membuang Bekas Pembalut

Selama hidup di Jepang, hal yang paling berkesan untukku adalah tiada hari berlalu tanpa pembelajaran. Bahkan ketika aku di rumah aja ngga ngapa-ngapain, aku tetap dapet pembelajaran baru. Jadi suatu pagi… aku lagi di apartemen aja kan biasa pengangguran laten [ gaya abiesz, bilang aja kosan Pak Ruslan versi fancy wkwk ], dan temen sekosanku yang orang jepang, dia nyimpen bungkus pembalut di kamar mandi. Hmm oiya kita tuh kamar mandinya shared, cuma beda kamar bobo aja. Jadi dia narohnya di salah satu papan yang ada di atas WC duduk gitu, biasanya di papan tersebut kita simpen tissue cadangan atau pengharum ruangan di situ. Oke dia lagi menstruasi. Tapi ini untuk pertama kalinya aku nemuin sampah yang digeletakin gitu aja. Nah, buat kalian yang ngga tau pembungkus pembalut yang mana, ini aku sertakan gambar… karena kebetulan aku lagi rajin dan lagi mens juga. Jadi ini pembalut… Dan ini bungkusnyaaa… yang mana tergeletak di WC tadi. Aku langsung bingung, ih tumben banget kok ngga

Kentut

Saya pernah nonton variety show-nya Negri Gingseng, Hello Counselor . Acaranya membahas problematika, kesulitan, dan penderitaan seseorang. Kind of curhat, but the problem usually soooo silly and weird, you can’t even imagine. Disitu ada host sama penonton. Host berfungsi juga sebagai panelis tanya jawab tentang permasalahan tersebut. Tanya jawabnya dua arah, dari sisi yang punya masalah dan yang jadi biang masalah. Hingga pada satu titik mereka coba memberi solusi. Terus penonton ngejudge itu masalah bukan untuk kemudian voting. Nah yang paling banyak dapet vote , nanti dapet hadiah. Ada satu episode yang menarik yang melibatkan hal paling manusiawi : kentut.

Ada Apa dengan Mas-Mas Jawa?

Kalau kamu adalah seorang perempuan, apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata ‘Mas-Mas Jawa’? Apakah seksi, idaman, gagah, karismatik terlintas meski hanya sekilas? Tak dipungkiri lagi mas-mas jawa adalah komoditas utama dalam pencarian jodoh. Cewe-cewe entah kenapa ada aja yang bilang, “pengen deh dapet orang jawa.” Alasannya macem-macem mulai dari yang sekedar impian masa kecil, pengen aja, sampe dapet wangsit dari mbah Jambrong. Saya ngga ngelak, pria jawa memang identi dengan kualitas terbaik. Mungkin Abang, Aa, Uda, Bli, Daeng, atau Bung juga suka merasa daya saing di pasar rendah, apakah dikarenakan passing grade Si Mas-Mas tinggi? Atau karena ada quality control sebelum masuk pasar? Hmm. Mari disimak beberapa hal yang membuat mas jawa menjadi undeniable (ngga bisa ditolak) 1. Killer smile Mungkin tatapannya orang Jerman atau seringainya kumpeni itu bisa membunuh. Tapi untuk seorang mas-mas jawa, yang membunuh itu senyum. Bikin klepek-klepek. Takar

Disrupsi Rantai Pasok dan Kaitannya dengan Pandemi Covid-19

Cukup disayangkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di kuartal I/2020 hanya mencapai 2,97 persen (year on year). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 2,41 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV/2019. Pertumbuhan ekonomi ini merupakan salah satu yang terendah sejak kuartal IV/2001. Hal ini jelas dipengaruhi oleh pandemi yang menyebabkan penurunan drastis konsumsi rumah tangga. Memang selama ini, kinerja konsumsi rumah tangga berkontribusi pada 50 persen PDB sehingga efeknya cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Padahal sebelumnya Indonesia, sudah cukup percaya diri bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di angka 5,0 persen . Huhu tapi tenang saja, bukan perekonomian Indonesia saja yang sedang gonjang-ganjing. Pertumbuhan ekonomi UK turun 2,0 persen . PDB China sendiri turun tajam hingga menyentuh 6,8 persen . Menyusul, Amerika Serikat pun mengalami penurunan PDB sebesar 4,8 persen . IMF sendiri sudah mengestimasi bahwa secara glob