Skip to main content

Meliora yang Tangguh dan Dedek yang Tidak Gemes

Sebelumnya ingin berterimakasih kepada Raffi Ahmad. Sudah lama saya tidak pernah membuka akun Facebook, bahkan sempat deaktivasi beberapa tahun. Berkat Raffi Ahmad, jadi membuka kembali Facebook, hanya untuk memfollow laman yang bisa memberikan asupan nutrisi jokes receh. Yang saya ikuti tentunya sesuai arahan Raffi Ahmad: laman Kemaslahatan FTV Reliji dan laman Penahan Rasa Berak .Sungguh humor unfaedah yang anjlok. 😙 😜

Nama Meliora saya peroleh dari laman meme dari sebuah kampus eksklusif yang ujug-ujug direkomendasikan di kotak pencarian: Ever better memes for meliora teens Akun tersebut dibesarkan oleh mahasiswa University of Rochester, salah satu kampus swasta yang terletak di New York 😚 Meliora merupakan slogan ringkas dari kampus tersebut. Artinya semakin baik (ever better ). Kampus ini emang ya ngga neko-neko, dalam sekali hembus nafas dia menunjukkan apa tujuan kita semua di bumi ini. Itu mengingatkan saya pada seseorang. Seorang sahabat yang berhak mendapat gelar Meliora, lebih berharga dari gelar kebangsawanan kerajaan manapun. Karena memang dia selalu meliora.

Setelah kemarin menuliskan kisah Rapunzel, kali ini masih dalam edisi persahabatan. Akan kukisahkan padamu Meliora yang Tangguh dan Dedek yang Tidak Gemes.

Meliora adalah nama samaran yang kuberikan, karena ketika ditanya mau disamarkan ga namanya, anaknya diam saja. Mungkin dia tidak sebegitu pedulinya. Begitulah moto lainnya Meliora, kalau orang lain bisa mikirin, kenapa harus aku yang mikirin. 😎

Meliora merupakan anak bungsu yang memiliki cita rasa anak sulung. Perempuan mandiri, cekatan, pembuat keputusan, judes dan diam-diam peduli tapi kadang beneran ga peduli juga. Pokoknya dia adalah gadis yang berbahaya kalau kamu tidak bisa handle dengan baik dan benar. Tipikal wanita karir yang bisa sampai pada C-level management. Aamiin.

Suatu ketika di dalam pekerjaannya, dia bertemu dengan anak baru. Karena anak ini baru, tentu saja dia seorang Dedek. Katanya sih gemes. Tapi menurutku ngga tuh. Badannya kekar, ototnya berisi, tinggi besar. Kalau berdiam di semak-semak dalam keadaan gelap, aku sendiri pasti mengira genderuwo. 😄

Eh maap. Kok ini mulut belum-belum udah menghujat aja.

Lanjut! Si anak baru ini masuk ke perusahaan tempat Meliora bekerja. Meliora adalah senior. Karena tuntutan kerja, mereka sering menghabiskan waktu bersama. Saat itu Dedek Tidak Gemes posisinya sudah punya pacar. Tapi.. tapi.. tapi... entah Dedek yang terlalu baik dan bisa akrab sama siapa saja, atau memang ada apa-apanya, si Dedek dekat dengan Meliora. 

Si dedek berasal dari suatu kota yang merupakan kota yang pernah ditinggali oleh Meliora ketika menuntut ilmu, sehingga mereka punya satu bahan pembicaraan bersama yang orang lain tidak bisa masuk di dalamnya. Awalnya kedekatan itu hanya tentang nitip oleh-oleh dari kota milik mereka bersama itu. Lambat laun, mereka dekat sedekat mata kanan dengan mata kiri. Sedekat bulu ketek dengan bulu ketek lainnya di belahan ketek yang sama. Maaf perumaannya kurang asik. Oke ganti. Sedekat jarak adzan dengan iqomah. Sedekat para penumpang di angkot yang sesak.

Sampe panggil-panggilan BEB BEB BEB segala dong! Mereka masih merasa normal. 

Sampe si Dedek menjadi seseorang yang mengantar dan menemani ketika Meliora sakit. Mereka masih merasa normal. 

Sampe si Dedek memasak dan membawakan masakan tersebut untuk Meliora. Mereka masih merasa normal. 

Sampe si Dedek kadang menceritakan detail hidupnya, curhat tentang pasangannya. Mereka masih merasa normal.

Tapi suatu ketika, ada titik dimana Meliora mempertanyakan dalam hati mengenai perasaannya.

Sekali lagi, Meliora merupakan gadis yang tangguh. Dia tahu batas-batas profesionalitas. Meski ada masa dimana Meliora mulai menganalisis semuanya secara berlebihan. Menerka dan membatin tentang mereka berdua.

Pada awalnya ketika aku mendengar cerita manis ini, aku terkesima. Masih ada ya junior yang sangat baik seperti itu. Aku sendiri memang mempertanyakan motif Dedek, tapi ah sampai detik ini pun tak ada alat ukur yang mampu menilai secara pasti ketulusan seseorang. Aku berbaik sangka karena aku percaya bahwa orang baik akan dipertemukan dengan orang baik.

Aku dengan bahagia mendukung Meliora untuk menjalin hubungan yang lebih menjanjikan dengan Dedek. TIKUNG AJA SIS! Hufts, bobrok sekali moralku. Tapi karena kami berdua sama-sama dewasa, kami tahu menikung itu artinya berhadapan dengan risiko yang damage nya bisa mematikan. Apalagi ini konteksnya dunia kerja. Perpolitikan kantor jelas sangat kejam. Akhirnya gugus perasaan tersebut disimpan dengan rapat dalam hati Meliora.

Suatu hari, sehabis menonton TedTalk nya Brene Brown di Netflix, Meliora dirasuki setan jahat yang membisikkannya untuk mengungkapkan isi hati pada orang terkasih. Saat itu Meliora berniat mengutarakan perasaannya pada Dedek yang aduhai kiranya gemas itu. Aku dengan giat membantunya menyusun rencana bagaimana Meliora akan menyatakan isi perasaan. Mungkin karena kurang tidur dan banyak pekerjaan, dia menjadi gila, tentu saja dalam level yang masih wajar. Bisa kurasakan Meliora menjadi lebih berhati-hati namun juga bersenang-senang. 

Hari itu, aku lupa detailnya. Meliora dipukul mundur untuk membatalkan niatnya mengungkapkan perasaan. Mungkin dia telah selesai melaksanakan Analisis SWOT pada hubungan tersebut dan melihat lebih banyak weakness dan threat sehingga tidak feasible. Atau mungkin Tuhan telah memberinya mimpi yang sangat jelas tentang bagaimana Dedek itu bukan untuknya. Pilihlah saja alasan yang ideal untuknya.

Intinya, dia menyerah. Hari-hari kemudian berjalan biasa. Dedek masih sesekali memasak untuk Meliora. Dan yang kali ini mereka benar-benar merasa normal.

Kemarin lalu, Meliora menjabarkan, "aku tidak ingin hubungan non-profit ini berubah menjadi hubungan profit". Di balik kalimat tersebut, ada peristiwa. Sebuah titik balik. Katakan saja kedekatan personal antara Meliora dengan Dedek, membuat Dedek mendapat benefit kantor lebih mudah.

Meliora mengeraskan hatinya untuk bersikap lebih biasa saja dari biasa saja manapun yang pernah biasa saja.

Kemudian dia bercerita lagi tentang bagaimana dia kontinyu mengulang pertanyaan "emang aku mau dipimpin pria seperti dia? Emang aku mau merasakan kasih sayang yang bisa berujung menyakiti satu sama lain? Emang kamu mau timpang sebelah dalam perasaan?"

Meliora mematahkan hatinya sendiri dengan asumsi yang dia percayai. 

Meliora tidak salah, dia hanya menjadi lebih baik.

Dia memilih untuk menjadi perempuan tangguh.

💝 💘 💖 

Nak baru minggir, anak lama mau lewat

Dear Meliora,

Terima kasih telah menjadi teladan bagi kami. Aku bersyukur mengetahui hal ini, karena aku tahu kamu terlalu tangguh hingga bisa saja kamu tidak bercerita dan kelihatan baik-baik saja. 😄

Comments

Popular posts from this blog

Cara Perempuan Jepang Membuang Bekas Pembalut

Selama hidup di Jepang, hal yang paling berkesan untukku adalah tiada hari berlalu tanpa pembelajaran. Bahkan ketika aku di rumah aja ngga ngapa-ngapain, aku tetap dapet pembelajaran baru. Jadi suatu pagi… aku lagi di apartemen aja kan biasa pengangguran laten [ gaya abiesz, bilang aja kosan Pak Ruslan versi fancy wkwk ], dan temen sekosanku yang orang jepang, dia nyimpen bungkus pembalut di kamar mandi. Hmm oiya kita tuh kamar mandinya shared, cuma beda kamar bobo aja. Jadi dia narohnya di salah satu papan yang ada di atas WC duduk gitu, biasanya di papan tersebut kita simpen tissue cadangan atau pengharum ruangan di situ. Oke dia lagi menstruasi. Tapi ini untuk pertama kalinya aku nemuin sampah yang digeletakin gitu aja. Nah, buat kalian yang ngga tau pembungkus pembalut yang mana, ini aku sertakan gambar… karena kebetulan aku lagi rajin dan lagi mens juga. Jadi ini pembalut… Dan ini bungkusnyaaa… yang mana tergeletak di WC tadi. Aku langsung bingung, ih tumben banget kok ngga

Kentut

Saya pernah nonton variety show-nya Negri Gingseng, Hello Counselor . Acaranya membahas problematika, kesulitan, dan penderitaan seseorang. Kind of curhat, but the problem usually soooo silly and weird, you can’t even imagine. Disitu ada host sama penonton. Host berfungsi juga sebagai panelis tanya jawab tentang permasalahan tersebut. Tanya jawabnya dua arah, dari sisi yang punya masalah dan yang jadi biang masalah. Hingga pada satu titik mereka coba memberi solusi. Terus penonton ngejudge itu masalah bukan untuk kemudian voting. Nah yang paling banyak dapet vote , nanti dapet hadiah. Ada satu episode yang menarik yang melibatkan hal paling manusiawi : kentut.

Ada Apa dengan Mas-Mas Jawa?

Kalau kamu adalah seorang perempuan, apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata ‘Mas-Mas Jawa’? Apakah seksi, idaman, gagah, karismatik terlintas meski hanya sekilas? Tak dipungkiri lagi mas-mas jawa adalah komoditas utama dalam pencarian jodoh. Cewe-cewe entah kenapa ada aja yang bilang, “pengen deh dapet orang jawa.” Alasannya macem-macem mulai dari yang sekedar impian masa kecil, pengen aja, sampe dapet wangsit dari mbah Jambrong. Saya ngga ngelak, pria jawa memang identi dengan kualitas terbaik. Mungkin Abang, Aa, Uda, Bli, Daeng, atau Bung juga suka merasa daya saing di pasar rendah, apakah dikarenakan passing grade Si Mas-Mas tinggi? Atau karena ada quality control sebelum masuk pasar? Hmm. Mari disimak beberapa hal yang membuat mas jawa menjadi undeniable (ngga bisa ditolak) 1. Killer smile Mungkin tatapannya orang Jerman atau seringainya kumpeni itu bisa membunuh. Tapi untuk seorang mas-mas jawa, yang membunuh itu senyum. Bikin klepek-klepek. Takar

Disrupsi Rantai Pasok dan Kaitannya dengan Pandemi Covid-19

Cukup disayangkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di kuartal I/2020 hanya mencapai 2,97 persen (year on year). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 2,41 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV/2019. Pertumbuhan ekonomi ini merupakan salah satu yang terendah sejak kuartal IV/2001. Hal ini jelas dipengaruhi oleh pandemi yang menyebabkan penurunan drastis konsumsi rumah tangga. Memang selama ini, kinerja konsumsi rumah tangga berkontribusi pada 50 persen PDB sehingga efeknya cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Padahal sebelumnya Indonesia, sudah cukup percaya diri bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di angka 5,0 persen . Huhu tapi tenang saja, bukan perekonomian Indonesia saja yang sedang gonjang-ganjing. Pertumbuhan ekonomi UK turun 2,0 persen . PDB China sendiri turun tajam hingga menyentuh 6,8 persen . Menyusul, Amerika Serikat pun mengalami penurunan PDB sebesar 4,8 persen . IMF sendiri sudah mengestimasi bahwa secara glob