Skip to main content

At my lowest iman

Back when I was travelled for the first time to conference in Thailand, I used to think Islam was the most complicated religion. Okay wait... How to say RIBET in English? (Mau pake kata “troublesome” yang padanannya nyusahin, tapi nggak tega, hhmm huhu)

But as I grow older, I realized that maybe... I just lack of exposures to diverse and heterogenous cultures. The thought of islam having a complex ritual and somewhat arduous religion is a result from living as majority... the uniformity is inevitable. Sometimes I think I become Muslim just for the sake of being comfortable hahaha. It is an easy choice~

Okay let’s get back to what we are talking earlier... Islam feels troublesome. Which one I refer to troublesome? Of course the solat.. five times a day, AN OBLIGATION! It is a sin if you are not do it! You need a proper place and attire to do it! Ugh! The ritual and the understanding what, how and why! I know, I am not religious enough. Sometimes it feels too dry, just for the formality and maybe not that meaningful.

Macem juknis deh keberadaannya. Ada. Dilakukan. Udah gitu aja ((di luar negri ada juknis ga?)) HAHAHA

Gimana sih ga konsisten banget nulis in English aishh (!)

Okay, it might resemble Term of Reference, necessary but some thought of it existence as formality.

Talking about complexity, we are not even talking about fasting and hajj.

But lately since I am home. I start to think about one verse... that basically told why we are here.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

I did not create jinn and humans except to worship Me.

- Az Zariyat: 56

As I am writing this, I realized that it is natural if the act of worshipping God makes us spare our time, did the ritual at any given time, with all the requirements completed.

Because that is why we are here!

If we stretch that, the only thing that is worthy of us going complicatedness are things related to our religion. Don’t you agree? Yang boleh ngeribetin kita, memang sepantasnya urusan terkait Tuhan, justru yang lainnya nggak.

Sorry if I sounded like I am giving you lecturer and started to bore you, anyway... this is just a train of thought.

Hopefully, I could always remember that even if my fluctuated iman is at the lowest.

Here is a picture of architectural mosque to emphasized the complicatedness of my religion on tangible asset. The picture taken by my dearest friend, people said the mosque built using a mixture of egg whites, lime, sand and clay!


Grans Mosque of Sultan Riau in Penyengat Island

Comments

Popular posts from this blog

Cara Perempuan Jepang Membuang Bekas Pembalut

Selama hidup di Jepang, hal yang paling berkesan untukku adalah tiada hari berlalu tanpa pembelajaran. Bahkan ketika aku di rumah aja ngga ngapa-ngapain, aku tetap dapet pembelajaran baru. Jadi suatu pagi… aku lagi di apartemen aja kan biasa pengangguran laten [ gaya abiesz, bilang aja kosan Pak Ruslan versi fancy wkwk ], dan temen sekosanku yang orang jepang, dia nyimpen bungkus pembalut di kamar mandi. Hmm oiya kita tuh kamar mandinya shared, cuma beda kamar bobo aja. Jadi dia narohnya di salah satu papan yang ada di atas WC duduk gitu, biasanya di papan tersebut kita simpen tissue cadangan atau pengharum ruangan di situ. Oke dia lagi menstruasi. Tapi ini untuk pertama kalinya aku nemuin sampah yang digeletakin gitu aja. Nah, buat kalian yang ngga tau pembungkus pembalut yang mana, ini aku sertakan gambar… karena kebetulan aku lagi rajin dan lagi mens juga. Jadi ini pembalut… Dan ini bungkusnyaaa… yang mana tergeletak di WC tadi. Aku langsung bingung, ih tumben banget kok ngga

Kentut

Saya pernah nonton variety show-nya Negri Gingseng, Hello Counselor . Acaranya membahas problematika, kesulitan, dan penderitaan seseorang. Kind of curhat, but the problem usually soooo silly and weird, you can’t even imagine. Disitu ada host sama penonton. Host berfungsi juga sebagai panelis tanya jawab tentang permasalahan tersebut. Tanya jawabnya dua arah, dari sisi yang punya masalah dan yang jadi biang masalah. Hingga pada satu titik mereka coba memberi solusi. Terus penonton ngejudge itu masalah bukan untuk kemudian voting. Nah yang paling banyak dapet vote , nanti dapet hadiah. Ada satu episode yang menarik yang melibatkan hal paling manusiawi : kentut.

Ada Apa dengan Mas-Mas Jawa?

Kalau kamu adalah seorang perempuan, apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata ‘Mas-Mas Jawa’? Apakah seksi, idaman, gagah, karismatik terlintas meski hanya sekilas? Tak dipungkiri lagi mas-mas jawa adalah komoditas utama dalam pencarian jodoh. Cewe-cewe entah kenapa ada aja yang bilang, “pengen deh dapet orang jawa.” Alasannya macem-macem mulai dari yang sekedar impian masa kecil, pengen aja, sampe dapet wangsit dari mbah Jambrong. Saya ngga ngelak, pria jawa memang identi dengan kualitas terbaik. Mungkin Abang, Aa, Uda, Bli, Daeng, atau Bung juga suka merasa daya saing di pasar rendah, apakah dikarenakan passing grade Si Mas-Mas tinggi? Atau karena ada quality control sebelum masuk pasar? Hmm. Mari disimak beberapa hal yang membuat mas jawa menjadi undeniable (ngga bisa ditolak) 1. Killer smile Mungkin tatapannya orang Jerman atau seringainya kumpeni itu bisa membunuh. Tapi untuk seorang mas-mas jawa, yang membunuh itu senyum. Bikin klepek-klepek. Takar

Disrupsi Rantai Pasok dan Kaitannya dengan Pandemi Covid-19

Cukup disayangkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di kuartal I/2020 hanya mencapai 2,97 persen (year on year). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 2,41 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV/2019. Pertumbuhan ekonomi ini merupakan salah satu yang terendah sejak kuartal IV/2001. Hal ini jelas dipengaruhi oleh pandemi yang menyebabkan penurunan drastis konsumsi rumah tangga. Memang selama ini, kinerja konsumsi rumah tangga berkontribusi pada 50 persen PDB sehingga efeknya cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Padahal sebelumnya Indonesia, sudah cukup percaya diri bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di angka 5,0 persen . Huhu tapi tenang saja, bukan perekonomian Indonesia saja yang sedang gonjang-ganjing. Pertumbuhan ekonomi UK turun 2,0 persen . PDB China sendiri turun tajam hingga menyentuh 6,8 persen . Menyusul, Amerika Serikat pun mengalami penurunan PDB sebesar 4,8 persen . IMF sendiri sudah mengestimasi bahwa secara glob