Skip to main content

Catatan Luka Bulan Desember

17 Desember 2013

Aku merasakan sesuatu yang baru, aku mulai mengerti nilai uang. Aku tidak pernah ingin menjadi seseorang yang menjadikan uang sebagai tujuan hidup. Merasakan sulitnya mencari dan mengatur keuangan membuat seseorang lebih bijaksana dalam menatap masa depan.

Pagi ini aku membaca ma’tsurat, di dalam salah satu do’a itu , ada do’a yang meminta kepada Tuhan supaya dihindarkan dari 3 hal : kufur, fakir, dan kafir. Meskipun islam mengajarkan manusia untuk hidup sederhana, tapi juga islam menganjurkan agar manusia tidak fakir.

Aku jadi teringat salah satu episode sinetron ramadhan ketika aku SD, Lorong Waktu. Episode itu berkisah ada dua sahabat, yang terus menerus berdo’a hingga kemudian do’a itu dikabulkan. Sahabat pertama meminta kehidupan yang sederhana namun selalu berkecukupan, dan sahabat kedua meminta kehidupan yang berlimpah kekayaan dengan harta yang tidak habis untuk tujuh turunan. Sahabat pertama hidup di rumah yang biasa saja dengan seorang istri yang sebentar lagi dikaruniai seorang anak, mereka shalat berjama’ah seraya berdo’a meminta kelancaran semua permasalahan. Istrinya bercerita bahwa mereka sesegera mungkin harus menyiapkan biaya persalinan, dan suami tersebut memintanya bersabar karena dirinya pun sedang menabung. Tiba-tiba telepon berdering dan kabar gembira datang dari kantor si suami tersebut mendapat bonus kerja, mereka pun bersyukur atas hidupnya, atas rezeki dari Nya. Sementara sahabat yang kedua, setiap waktu selalu sibuk bekerja. Di kantornya yang megah telepon berdering sana-sini, dan karyawan sibuk mondar-mandir mengurusi berbagai data. Sampa suatu saat sahabat kedua ini jatuh sakit karena kelelahan. Di perjalanan ke rumah sakit entah bagaimana caranya, kedua sahabat ini dipertemukan. Dan menyesallah sahabat kedua akan semua hartanya.

Aku mengingatnya sampai situ. Pada suatu ketika aku juga menafsirkan bahwa harta tidak akan pernah membuat seseorang merasa cukup, melainkan rasa syukur dan kehidupan sederhanalah yang membuat kita cukup.

Aku ingin hidup seperti sahabat yang pertama. Tapi aku harus menguatkan diriku sendiri di dunia dimana semua orang mempunyai pola pikir seperti sahabat kedua. Jika suatu saat nanti, aku menjalani kehidupanku pada rel sahabat kedua, aku ingin berhenti di detik dimana aku mengingat apa yang kuinginkan sekarang.

Sebentar lagi tahun 2014, ada dua harapan yang aku inginkan diam-diam, aku ingin mempunyai anak asuh dan ingin pergi melihat apa yang ada di luar pulau Jawa.

Selama ini aku terus mencari apa arti pengorabanan seorang ibu kepada anaknya, seorang ayah terhadap anaknya. Mengapa hanya karena aku berdiam diri di rahim seorang perempuan yang kusebut ibu lantas ibu memberikan seluruh kehidupannya untukku? Mengapa hanya karena ayah berbagi separuh gennya denganku, ayah menghabiskan seluruh hidupnya untuk emmbuat kehidupanku menjadi lebih indah? Aku masih harus menjawab pertanyaanku sendiri, maka dari itu untuk memahami arti pengorbanan orangtua, aku inginn menjadi orangtua bagi seorang anak.

Keinginanku untuk melihat dunia luar, mungkin seperti usaha seekor katak melarikan diri dari tempurung. Aku juga ingin tahu seperti apa hidup ini sesungguhnya, dan aku ingin melihat kebesaran Tuhan lebih dekat.

18 Desember 2013


Bagaimana rasanya apabila kau hidup berdekatan dengan seseorang yang memiliki semua yang kau inginkan? Setiap hari kau melihat mimpimu mewujud pada orang lain. Setiap saat kau menyadari rasa iri yang bersarang dihatimu dan kau merasakan hampa yang bercampur amarah. Apakah karena seseorang tidak cukup dicintai lalu ia bisa mengubah apa saja menjadi kebencian yang merana?

Dalam perut malam, kau separuh patah dan terus berjalan menerobos hujan. Kau selalu mencoba bersabar, tapi sekaligus tidak sabar akan kesabaranmu. Kau perlahan mencoba berpikir positif namun pikiran itu dimakan oleh prasangka buruk.

Kenapa jiwamu begitu mudah tersayat? Aku ingin memberimu kekuatan. Aku ingin mendewasakanmu, namun aku juga luluh oleh tangis dalam diammu. Aku merasa sangat buruk, aku harus melindungimu. Aku tahu aku perlu lebih kuat lagi untuk bisa mengajakmu berdiri dan bangkit. Aku mengerti bagaimana ini bisa membuatmu marah pada takdir. Hanya saja, aku lebih bersedih lagi apabila sedihmu itu menjadi simbol ketidakberdayaanku.

Aku pikir, kita sudah lebih matang dalam perbuatan, itulah sebabnya aku membiarkanmu terluka. Aku mengamatimu dari lorong rindu, dan menangis untukmu. Aku berada di neraka untuk kemudia menjemputmu menuju surga. Mungkin di masa depan, hari-harimu tidak selalu diisi oleh senyuman, tapi percayalah aku akan selalu menemanimu melaluinya. Kita menjadi kuat karena menunjukkan perasaan kita satu sama lain. Ketika hari itu sudah dimulai, maukah kamu terus berada disisiku dan melangkah menuju tempat yang kita sebut rumah?

19 Desember 2013

Suatu saat aku akan menjawab pertanyaanku sendiri saat ini, “apakah kekayaan membawa kita pada kebahagiaan?”. Aku membaca suatu kalimat bahwa Amerika Serikat dengan 40% berisikan orang-orang yang dikategorikan kaya raya, mereka justru mengalami kenaikan jumlah penderita sakit jiwa. Tidakkah itu ironis?

Kabar bahagia datangnya selalu darimana saja, dan kabar buruk tidak akan pernah datang pada waktu yang tepat. Aku selalu siap. Tapi aku sadari hingga saat ini aku belum menyamai anjuran para Dewa agama hindu. Seharusnya aku menghadapi kesenangan dan kesedihan dengan rasa yang sama, dengan ketenangan. Memaknai kematian dan mendalami ajaran islam mungkin harus dilakukan terus-menerus, setan-setan disampingku tidak pernah lelah. Meskipun aku tertidur, setan-setan itu terus menyiapkan rencana saat aku lengah. Aku harus waspada, karena ia begitu melekat pada diriku. Manusia dikaruniai tujuh dosa yang akan mencelakakannya : kerakusan, hawa nafsu, iri dengki, kemalasan, amarah, kebanggaan diri, ketamakan. Mereka menjadi musuh manusia, tapi manusia itu sendiri baru memahami bahwa itu tidak bisa dimusnahkan ketika mereka sendiri musnah. Kita bisa mengendalikannya. Orang yang memiliki cinta dapat menanggung semua dosa itu di dalam dirinya, meskipun sebagian hidup seperti palsu, tapi manusia sudah berusaha meredamnya dan menciptakan kebahagiaan sejati.

Malam ini, aku masih tidak mengerti apapun, aku harus banyak belajar untuk menjawab pertanyaanku.

20 Desember 2013

Aku masih ingat dengan jelas salah satu dari cita-citaku pada list 100 impian yang kutulis ketika aku SMP, salah satu dari impian 100 impian itu adalah menjadi guru. Saat dulu aku menulisnya, aku tidak pernah berpikir bahwa hal itu penuh rintangan. Mulai dari rasa bosan, kemalasan, sampai lelah. Aku sekarang mengalami semua hal itu, tapi di sisi lain aku bergerak ke dunia baru.

Sekolah adalah laboratoriumku untuk terus belajar menjadi dewasa. Aku menjadi orang yang kuinginkan. Penuh wibawa dan disenyumi kemanapun bertatap manusia. Aku tidak tahu mungkin beberapa tahun ke depan aku telah menjadi orang yang lebih baru lagi. Aku berencana untuk menyelesaikan catatan luka ini dan memberikannya pada orang yang selanjutnya akan menemaniku merasakan banyak hal baru, entah itu suamiku atau anakku, atau mungkin ibuku sendiri, atau adik-adikku. Melalui catatan luka ini, aku ingin menyampaikan perasaan yang ada dalam jiwaku. Pernah aku berpikir, sebelum nanti menikah, aku ingin menguburkan catatan luka. Dan akan kubuka ketika aku mengalami permasalahan yang membuatku ingin menangis.

Perjalanan kehidupan bagaimanapun berjalan cepat. Aku masih bisa membayangkan apa yang terjadi ketika aku kanak-kanak dan sekarang aku sudah tumbuh menjadi manusia dewasa. Sangat ajaib melihat diriku sendiri tumbuh menjadi manusia dewasa, ketika kecil aku membayangkan kehidupan manusia dewasa pastilah sangat menyenangkan karena mereka bisa pergi lebih jauh, pulang lebih sebentar dan bermain di luar lebih lama. Aku jadi iri dengan kepolosan yang ada dalm pikiranku. Haruskah aku menjadikannya nyata?

22 Desember 2013
Menuliskan tentang orang yang sama, dengan perasaan yang berbeda. Menyanyikan lagu untuk seseorang yang tidak akan pernah mendengar kita. Entah apa yang ada dalam benakku saat aku berusaha memusatkan pikiranku padamu, aku tidak menemukan apapun. Mungkin karena aku memaafkanmu, aku bisa melepaskanmu dan melupakanmu.

Aku sudah siap menerima orang baru yang pastinya akan lebih baik darimu. Seorang pria, anak dari seorang ibu yang sangat mencintainya, kelak akan datang dan memilih untuk mencintaiku. Karena ini hari ibu, aku akan menyinggungnya sedikit, bahwa aku ingin di masa depan aku ingin akrab dengan ibu mertuaku seperti aku pada ibuku.

Hari ini aku ingin membicarakanmu dengan diriku sendiri. Mungkin masih ada yang bisa ku rasakan. Jika nanti, aku sudah bersama orang lain, aku hanya akan mengingat tanggal ini sebagai hari ibu, bukan tanggal yang lainnya.

Aku sedikit mengkhawatirkanmu karena hidup itu kau tanggung sendiri, semoga kau menemukan sahabat terbaik di masa ini. Aku sendiri menemukan sahabat-sahabatku yang paling baik. Mereka baik padaku dengan sikap yang tulus, mereka merelakan berbagi waktunya dan saling menolong dalam kesulitan. Jika aku diizinkan oleh Allah, aku ingin kembali menjad sahabat bagimu. Hanya sahabat. Tempat kau bercerita betapa rumitnya masalahmu, tempat kau tertawa dan tersenyum karena hal lucu di sekitar kita. Inilah yang kumaksud perasaan yang berbeda, yang bercerita tentangmu, masih orang yang sama.

(Diambil dari catatan luka yang dituliskan selama bulan Desember)


Comments

Popular posts from this blog

Cara Perempuan Jepang Membuang Bekas Pembalut

Selama hidup di Jepang, hal yang paling berkesan untukku adalah tiada hari berlalu tanpa pembelajaran. Bahkan ketika aku di rumah aja ngga ngapa-ngapain, aku tetap dapet pembelajaran baru. Jadi suatu pagi… aku lagi di apartemen aja kan biasa pengangguran laten [ gaya abiesz, bilang aja kosan Pak Ruslan versi fancy wkwk ], dan temen sekosanku yang orang jepang, dia nyimpen bungkus pembalut di kamar mandi. Hmm oiya kita tuh kamar mandinya shared, cuma beda kamar bobo aja. Jadi dia narohnya di salah satu papan yang ada di atas WC duduk gitu, biasanya di papan tersebut kita simpen tissue cadangan atau pengharum ruangan di situ. Oke dia lagi menstruasi. Tapi ini untuk pertama kalinya aku nemuin sampah yang digeletakin gitu aja. Nah, buat kalian yang ngga tau pembungkus pembalut yang mana, ini aku sertakan gambar… karena kebetulan aku lagi rajin dan lagi mens juga. Jadi ini pembalut… Dan ini bungkusnyaaa… yang mana tergeletak di WC tadi. Aku langsung bingung, ih tumben banget kok ngga

Ada Apa dengan Mas-Mas Jawa?

Kalau kamu adalah seorang perempuan, apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata ‘Mas-Mas Jawa’? Apakah seksi, idaman, gagah, karismatik terlintas meski hanya sekilas? Tak dipungkiri lagi mas-mas jawa adalah komoditas utama dalam pencarian jodoh. Cewe-cewe entah kenapa ada aja yang bilang, “pengen deh dapet orang jawa.” Alasannya macem-macem mulai dari yang sekedar impian masa kecil, pengen aja, sampe dapet wangsit dari mbah Jambrong. Saya ngga ngelak, pria jawa memang identi dengan kualitas terbaik. Mungkin Abang, Aa, Uda, Bli, Daeng, atau Bung juga suka merasa daya saing di pasar rendah, apakah dikarenakan passing grade Si Mas-Mas tinggi? Atau karena ada quality control sebelum masuk pasar? Hmm. Mari disimak beberapa hal yang membuat mas jawa menjadi undeniable (ngga bisa ditolak) 1. Killer smile Mungkin tatapannya orang Jerman atau seringainya kumpeni itu bisa membunuh. Tapi untuk seorang mas-mas jawa, yang membunuh itu senyum. Bikin klepek-klepek. Takar

Kentut

Saya pernah nonton variety show-nya Negri Gingseng, Hello Counselor . Acaranya membahas problematika, kesulitan, dan penderitaan seseorang. Kind of curhat, but the problem usually soooo silly and weird, you can’t even imagine. Disitu ada host sama penonton. Host berfungsi juga sebagai panelis tanya jawab tentang permasalahan tersebut. Tanya jawabnya dua arah, dari sisi yang punya masalah dan yang jadi biang masalah. Hingga pada satu titik mereka coba memberi solusi. Terus penonton ngejudge itu masalah bukan untuk kemudian voting. Nah yang paling banyak dapet vote , nanti dapet hadiah. Ada satu episode yang menarik yang melibatkan hal paling manusiawi : kentut.

Disrupsi Rantai Pasok dan Kaitannya dengan Pandemi Covid-19

Cukup disayangkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di kuartal I/2020 hanya mencapai 2,97 persen (year on year). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 2,41 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV/2019. Pertumbuhan ekonomi ini merupakan salah satu yang terendah sejak kuartal IV/2001. Hal ini jelas dipengaruhi oleh pandemi yang menyebabkan penurunan drastis konsumsi rumah tangga. Memang selama ini, kinerja konsumsi rumah tangga berkontribusi pada 50 persen PDB sehingga efeknya cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Padahal sebelumnya Indonesia, sudah cukup percaya diri bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di angka 5,0 persen . Huhu tapi tenang saja, bukan perekonomian Indonesia saja yang sedang gonjang-ganjing. Pertumbuhan ekonomi UK turun 2,0 persen . PDB China sendiri turun tajam hingga menyentuh 6,8 persen . Menyusul, Amerika Serikat pun mengalami penurunan PDB sebesar 4,8 persen . IMF sendiri sudah mengestimasi bahwa secara glob